Memilih Bisnis MLM Terbaru dan Terpercaya 2020
Blog

Memilih Bisnis MLM Terbaru dan Terpercaya 2020

Memasuki tahun baru 2020 berarti mencari peluang baru dalam mendapatkan penghasilan yang lebih besar serta bermanfaat. Jika Anda berniat untuk mencari peluang usaha baru di tahun baru ini, mungkin Anda dapat mencoba untuk mengikuti bisnis MLM terbaru.

Ya, dalam kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi sedikit mengenai apa itu MLM terbaru dan keuntungan apa saja yang dapat Anda dapatkan serta kiat bagaimana memilih bisnis MLM terbaik atau Multi Level Marketing yang aman dan terpercaya.

Apa itu bisnis MLM?

Sebagai informasi, bisnis MLM adalah sebuah teknik pemasaran yang berjenjang. Berjenjang disini yang dimaksud adalah suatu strategi pemasaran dimana Anda sebagai sales atau tenaga penjual memperoleh kompensasi dari hasil penjualan Anda sendiri dan juga dari hasil penjualan sales lain yang Anda rekrut.

Bisnis MLM ini juga biasa disebut sebagai penjualan piramida, pemasaran berantai, uni level marketing, pemasaran jaringan, dan juga multi generation marketing. Dalam hal ini, jika Anda adalah merekrut orang lain untuk dijadikan sebagai tenaga penjual, maka Anda akan disebut sebagai anggota upline. Sedangkan, orang yang Anda rekrut akan disebut sebagai anggota downline.

Tentu saja, bisnis MLM ini tidak hanya merekrut orang-orang untuk menjadi tenaga penjual atau sales. Namun, klien atau konsumen bisnis MLM juga akan diberikan kesempatan untuk ikut serta memasarkan dan menjual produk-produk dari bisnis MLM dan memperoleh keuntungan seperti tenaga penjual.

Tidak hanya tenaga penjual saja yang berjasa akan keuntungan perusahaan, namun anggota dari bisnis MLM pun mempunyai peran penting dalam perusahaan MLM. Anggota bisnis MLM biasanya disebut sebagai distributor atau sebagai mitra niaga. Agar pasar perusahaan semakin berkembang pesat dan luas, mitra niaga ini akan mengajak orang lain untuk menjadi anggota perusahaan tersebut.
Disinilah peran penting dari mitra niaga tersebut. Semakin banyak mitra niaga mengajak orang untuk bergabung sebagai anggota dari bisnis MLM tersebut, maka pendapatan perusahaan akan semakin meningkat. Sehingga, keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan pun semakin besar. Atas jasa para mitra niaga, biasanya perusahaan MLM akan memberikan keuntungan berupa insentif atau bonus.

Bagaimana cara kerja MLM?

Lalu, bagaimana cara kerja bisnis MLM terbaru? Perlu Anda ketahui, bahwa hal pertama yang akan dilakukan oleh perusahaan MLM adalah menjaring sebanyak mungkin orang untuk menjadi anggota. Biasanya, perusahaan akan memberikan kartu keanggotaan apabila konsumen yang bersangkutan bersedia untuk membeli paket produk dengan harga tertentu.

Ketika konsumen bersedia untuk membeli produk tersebut, konsumen akan diberikan formulir keanggotaan untuk menjadi anggota atau member dari perusahaan MLM terbaru tersebut. Kemudian, hal kedua yang dilakukan yaitu mencari anggota-anggota baru dengan cara yang sama seperti langkah pertama. Langkah-langkah ini akan terus dilakukan oleh para member atau anggota baru. Inti dari cara kerja bisnis MLM adalah jika para anggota dapat menjaring banyak anggota atau member baru, maka anggota yang merekrut tersebut akan mendapatkan keuntungan atau bonus yang lebih banyak dari perusahaan.

Jenis-jenis bisnis MLM

Setidaknya, ada tiga jenis bisnis MLM yang perlu Anda ketahui. Jenis yang pertama yaitu bisnis MLM yang menggunakan sistem binary plan. Bisnis MLM yang menggunakan sistem ini mengutamakan pengembangan dan keseimbangan jaringan.

Sederhananya, semakin seimbang jaringan dan omset perusahaan, maka bonus yang didapatkan juga akan semakin besar. Biasanya, perusahaan-perusahaan MLM yang menggunakan sistem binary plan ini akan berkembang relatif lebih cepat daripada yang lain. Para mitra perusahaan pun akan memperoleh bonus yang besar dengan lebih cepat.

Lalu yang kedua yaitu bisnis MLM yang menggunakan sistem matrix. Bisnis MLM yang menggunakan sistem ini menggunakan tiga frontline untuk konsep pengembangan jaringan. Dapat dikatakan, jenis MLM dengan sistem ini dianggap untuk mengatasi bisnis MLM yang menggunakan sistem binary plan karena dianggap sebagai money game.

Selanjutnya, yang ketiga yaitu bisnis MLM yang menggunakan sistem break away. Bisnis MLM yang menggunakan sistem ini lebih mengutamakan perluasan pasar jaringan. Sederhananya, semakin banyak frontline, maka akan semakin banyak bonus yang didapatkan. Namun, kelemahan dari sistem ini adalah, para agen haruslah mengurus semuanya sendiri dimana kemudian seoang downline akan mampu untuk mengungguli para upline nya.

Keuntungan atau kelebihan bisnis MLM

Ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda bergabung dalam bisnis MLM. Diantaranya yaitu, Anda akan mendapatkan pasif income yang menjanjikan sebagai tambahan gaji pokok yang Anda terima tiap bulannya.
Tidak hanya itu, namun Anda juga dapat memiliki skill baru yaitu skill komunikasi karena Anda harus berkomunikasi secara terus-menerus dengan downline Anda. Lalu, yang keuntungan terakhir bisnis MLM adalah, dengan ikut bergabung bersama bisnis MLM, maka Anda dapat memperbanyak relasi Anda.

Cara memilih bisnis MLM yang baik dan terpercaya

Dari penjelasan mengenai apa itu bisnis MLM terbaru diatas, tidak mengherankan apabila banyak sekali bisnis MLM yang bermunculan dewasa ini. Hal inilah yang kemudian harus Anda waspadai betul-betul. Jika Anda tidak berhati-hati dalam memilih bisnis MLM yang terpercaya, Anda bisa menjadi korban penipuan.

  1. Anda harus memilih perusahaan MLM yang sudah terdaftar di APLI. Sebagai informasi, APLI atau Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. APLI ini sendiri adalah sebuah asosiasi yang mewadahi langsung perusahaan-perusahaan MLM. Asosiasi ini pada dasarnya dibentuk oleh beberapa perusahaan MLM agar terciptanya aturan atau kode etik mengenai penjualan langsung. Perusahaan MLM yang ingin tergabung dalam APLI harus memenuhi sejumlah syarat.
  2. Anda harus memilih perusahaan MLM yang memiliki badan hukum yang jelas atau perusahaan MLM yang membuat suatu badan hukum Perseroan Terbatas yang mempunyai SIUPL serta NPWP sehingga perusahaan MLM tersebut dapat mempertanggungjawabkan bisnis tersebut kepada para anggota dan konsumennya.
  3. Anda harus memilih perusahaan MLM yang menjual produk mlm yang beragam agar kesempatan Anda untuk menjaring downline lebih besar dan Anda juga dapat menyesuaikan barang dagangan sesuai dengan budget. Juga, Anda harus memperhatikan apakah barang dagangan tersebut memiliki jaminan atau tidak.
  4. Anda harus memilih perusahaan MLM yang memiliki sistem untuk menyukseskan para tenaga penjual serta anggotanya.
  5. Anda harus memilih perusahaan MLM yang mana upline perusahaan tersebut bersedia membantu para downline agar berkembang dan sukses lebih cepat.
  6. Anda harus memilih perusahaan MLM yang produk-produknya dapat diterima oleh pasar nasional maupun internasional.
  7. Anda harus memilih perusahaan MLM yang memiliki sistem yang adil bagi semua tenaga penjual dan juga anggota yang bergabung.
  8. Anda harus memilih perusahaan MLM yang menjual produk-produknya dengan harga yang masuk akal.
  9. Anda harus memilih perusahaan MLM yang memiliki sistem support yang baik dan optimal untuk para tenaga penjual dan juga anggota.

Itulah beberapa tips dalam mencari bisnis MLM terbaru yang terpercaya. Salah satu perusahaan MLM yang sudah terpercaya baik nasional maupun internasional diantaranya adalah MCI. Anda dapat memulai karir Anda dengan MCI. Selamat berjuang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *