mlm syariah
Blog

Mengenal MLM Syariah dan Konvensional

MLM Syariah adalah fenomena, di Indonesia ekonomi syariah muncul dari mulai bisnis syariah di tahun 90an berlanjut ke asuransi syariah, industri perbankan non bank seperti pegadaian, pasar modal dan lain-lain. Lebih cerdas dan melihat melalui regulatornya adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang merupakan institusi pemerintah.

MLM berbasis Syariah

Jika anda ditawari untuk menjadi member dan ragu dengan status perusahaan MLM yang menawari anda, anda bisa crosscheck atau menanyakan langsung pada anggota mengenai status perusahaannya. Jika anda masih ragu, anda bisa memilih MLM syariah dengan jaminan keamanan dan menerapkan sistem kerja yang halal. Karena untuk mendapatkan predikat Syariah untuk sebuah bisnis MLM perlu memperoleh sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia atau DSN MUI yang berisi tentang sistem yang diaplikasikan pada bisnis MLM.

Fatwa untuk sertifikasi halal atau syariah tertuang dalam No 75 tahun 2009 tentang penjualan langsung berjenjang berbasis syariah, yang mana berisikan “sebuah perusahaan MLM akan dianggap sesuai dengan syariah, jika mampu memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, dengan bukti adanya sertifikat yang diterbitkan”.

Perlu anda ketahui beberapa kriteria yang perlu dimiliki oleh sebuah bisnis MLM syariah, yaitu

  • Terdapat produk baik barang atau jasa yang dijual secara real.
  • Produk yang dijual tidak haram, dan produknya tidak digunakan untuk hal-hal yang haram.
  • Transaksi yang dilakukan Multi Level Marketing tidak memiliki unsur riba, maksiat dan sejenisnya.
  • Dalam memberikan harga pada produk yang dijual tidak memberikan kenaikan yang berlebihan yang berdampak pada kerugian untuk konsumen.
  • Komisi atau hasil keuntungan penjualan harus disesuaikan prestasi kerja.
  • Pemberian bonus atau untung dari penjualan harus dibagikan adil antara anggota pertama dan anggota berikutnya.
  • Pemberian bonus oleh perusahaan kepada mitra yang tidak menimbulkan ighra’.
  • Komisi yang diberikan harus sesuai akad atau kesepakatan dalam penentuan target penjualan.
  • Tidak ada unsur permainan uang.
  • Dalam proses perekrutan tidak mengandung unsur yang melanggar atau bertentangan dengan aqidah atau ajaran agama islam.

Jika anda tertarik bekerja pada perusahaan Multi Level Marketing, atau sedang membangun perusahan bisnis MLM syariah, ada beberapa perusahan MLM yang sudah berdiri sejak lama dan berbasis syariah yang bisa menjadi pertimbangan dan referensi untuk anda.

  1. Ahad Net International: Perusahaan MLM yang menjual produk kosmetik dan suplemen kesehatan, yang telah bergerak dibisnis MLM Syariah sejak tahun 2003.
  2. Gema Mitra Bersama: Bisnis Multi Level Marketing yang menawarkan jasa penyelenggaraan perjalanan haji, umroh dan wisata luar negeri. Telah berdiri sejak tahun 2008 dan memperoleh sertifikat syariah pada tahun 2009.
  3. UFO BKB Syariah: Perusahaan yang menawarkan produk suplemen kesehatan yang telah mendapatkan sertifikat syariah ditahun 2006.
  4. TIENS Indonesia: Menawarkan produk sulplemen kesehatan, kebutuhan rumah tangga, dan perawatan kulit yang telah memperoleh sertifikat syariah tahun 2009.
  5. MCI: MCI atau Millionaire Club Indonesia, komunitas bisnis yang memberikan keuntungan kepada seluruh anggotanya berupa produk eksklusif. Telah berdiri selama 10 tahun MCI selalu memberikan kesempatan bagi seluruh anggotanya agar saling memberdayakan satu sama lain dengan kerjasama bisnis antar anggota di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Perusahaan yang telah legal di Indonesia ini menawarkan produk alat kesehatan dan kecantikan. MCI masuk kedalam jajaran bisnis MLM terbaik Indonesia dengan segudang prestasi dan rekor yang telah dimiliki. Saat ini MCI sedang dalam proses pendaftarkan perusahaannya untuk Multi Level Marketing berbasis Syariah.

Perlu diperhatikan untuk anda yang ingin, akan, atau sedang menjalin atau bergabung pada perusahan MLM untuk berhati-hati. Kenali perusahaan MLM mulai latar belakang, sistem perusahaan, prestasi dan rekam jejak para mitra yang bergabung sebelumnya, dengan tujuan agar tidak mendapatkan tindakan penipuan oleh oknum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *